About

Recruitment Management Trainee British American Tobacco

May 20, 2009



Setelah kuliah bahasa inggris aku langsung ke SAC untuk melihat pengumuman lowongan kerja yang ada di SAC. ternyata ada pengumuman management trainee di British American Tobacco, perusahaan rokok terbesar ke dua di dunia. Dengan modal baru semester akhir aku coba apply dan ternyata ketika meminta Application Form ternyata ada kolom untuk yang undergraduate. Aku harus mengisi form yang bergitu banyak...5 halaman buk!!!.

Dengan sejujurnya ya aku ngisi form itu. Setelah itu aku scan semua lampiran dan form yang diperlukan terus aku kirim ke email HRD nya. selang beberapa hari ketika sedang asik berduaan ama aura kasih (Di mimpi..hehe) eh hp berbunyi dan ternyata telp dari no jakarta. Wah lansung aku angkat. "Good afternoon" kata suara di telp. dengan masih mengejar nyawa yang lagi nyangkut ama aura kasih aku juga jawab "good afternoon" dan selanjutnya suara perempuan itu berbicara bahasa inggris, ternyata dari pihak BAT, di telp itu aku di short interview untuk memperkenalkan diri dengan basa inggris. dan di akhir aku disuruh datang ke perpus lantai 2 untuk menghadapi tes berikutnya.

Kamis pagi aku berangkat dengan berpakaian ala eksmud ke perpus lantai 2 dan ternyata sudah pada datang peserta lainnya. Setelah ngajak ngobrol beberapa ternyata ada yang dari jogja dan jakarta, dan ada yang sudah S2 malah,,,mental lumayan keder. aku harus menyaingi mahasiswa S2..tapi gak masalah nothing to lose.

Setelah mendengarkan presentasi tentang BAT ada tes pertama dimana tes tersebut kita disuruh menganalisa kondisi perusahaan. Ribet juga ternyata, apalagi semuanya in English Bro!! jadi makin pusing. Setelah itu ada group discussion yang membahas tentang analisa yang kita lakukan. kita dibagi menjadi beberapa kelompok dan kemudian menganalisa yang telah kita tulis. Dan tentunya group discussion itu juga in English!!. setelah kita membahas kemudian presentasi per kelompok untuk mempresentasikan hasil pembahasan kita tadi..duh ternyata meskipun sekian lama jadi pemandu di ITS asih aja untuk pengalaman presentasi di perusahaan masih belum bisa selancar ketika mandu. dan yang fatal kita kaku banget dan kurang senyum..

Setelah bergiliran presentasi kemudian kita nunggu pengumuman yang diumumin di akhir. dan ternyata yang lolos dari 40 orang peserta hanya diambil 5 orang bahkan dari marketing tidak ada yang diambil meskipun ada beberapa yang pendidikannya S2. 5 orang itu masih akan menjalani tes berikutnya hari jumatnya dan gak tau akan diambil berapa dari tes itu. haduh ternyata cari kerja tu susah..tapi dari pengalaman itu aku belajar banyak dan tentunya akan bisa jadi perbaikan kedepannya.

by rakhmad adi rodiyat
28 mei 2009

1 comments:

Eko Prast. said...

so, ksimpulannya lolos?

slamat bro;