About

Cara membuat tag cloud di blogger

September 23, 2009

Tag cloud adalah widget berupa rangkaian kata acak yang terdapat pada lsuatu blog dengan tujuan untuk menarik pengunjung blog. Jika menggunakan WordPress maka fasilitas ini telah disediakan. Beberapa orang mungkin tidak memperdulikan funsgi dari tag cloud ini namun sangat berguna untuk menarik pengunjung blog kamu khususnya dari searcbh engine.

Jika ada pengunjung blog yang mengklik salah satu kata dalam Tag Cloud yang menurutnya menarik maka dia akan dipandu oleh search engine internal blog menuju artikel-artikel yang mengandung kata yang diklik oleh pengunjung tadi. Karena inilah maka tag cloud memiliki makna yang penting.

Menampilkan tag cloud blog secara konseptual dikatakan mempunyai manfaat untuk meningkatkan jumlah pengunjung menuju blog anda, dan tentu selanjutnya akan berpengaruh pula Alexa Rank dan popularitas blog anda. Dengan menggunakan logika sederhana bahwa tag clouds mempunyai manfaat antara lain sebagai berikut:

Menampilkan kata yang menjadi tema blog
Karena menampilkan kata acak dari artikel anda maka para pengunjung yang datang akan dapat deskripsi tentang content blog anda, yaitu jenis, dan tema artikelnya. Jadi apakah selanjutnya pengunjung tersebut bernafsu untuk terus menjelajah atau balik kucing, maka tag caluds berperan disini.

Kalau blog anda tentang pernikahan maka tag yang dimunculkan seyogyanya kata yang terkait terkait misalnya: cewek, cowok, pacaran, tunangan, cinta, lamaran, cincin tunangan, penghulu, undangan, pesta, tata rias, dst.

Membuat Orang Lain Tertarik dan bernafsu
Apabila kata-kata acak tersebut bisa membuat sebagian pengunjung penasaran, maka dia akan mengacak-acak posting anda sampai puas, contohnya ketika ada pengunjung yang mengunjungi situs ini tertarik pada kata “nikah tanpa dikawini”atau “obat aids ditemukan” maka mereka terkadang akan berusaha mengklik kata tersebut sampai terpenuhi nafsunya, menemukan artikel yang dimaksud.

Mengokohkan link internal (inbound link) blog
Antara postingan anda yang satu dengan yang lain akan dibaca search engine mempunyai keterkaitan kuat karena adanya kesamaan tag clauds ini. Karena sebagian besar tag cloud adalah berupa kata kunci (keyword) dari artikel blog anda maka semakin banyak kesamaan tag cloud maka dibaca sebagai sebuah kekokohan content.

Cara membuat tag cloud adalah sebagai berikut.

tentunya masuk ke account blogger anda
kemudian pada kontrol panel masuk kebagian tata letak atau layout kemudian edit html dan pilih expand widget.(sebelumnya backup dulu template anda)
untuk mempermudah pencarian klik tombol Ctrl + F pada keyboard anda dan masukkan kode dibawah ini

<b:section class='sidebar' id='sidebar' preferred='yes'>



setelah ketemu kemudian copypaste kode dibawah ini tepat dibawahnya.


<b:widget id='labelku' locked='false' title='Labels' type='Label'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:title'>
<h2><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<script src='http://halotemplates.s3.amazonaws.com/wp-cumulus-example/swfobject.js' type='text/javascript'/>
<div id='flashcontent'>Blogumulus by <a href='http://www.roytanck.com/'>Roy Tanck</a> and <a href='http://www.bloggerbuster.com'>Amanda Fazani</a></div>
<script type='text/javascript'>
var so = new SWFObject(&quot;http://halotemplates.s3.amazonaws.com/wp-cumulus-example/tagcloud.swf&quot;, &quot;tagcloud&quot;, &quot;240&quot;, &quot;300&quot;, &quot;7&quot;, &quot;#ffffff&quot;);
// uncomment next line to enable transparency
//so.addParam(&quot;wmode&quot;, &quot;transparent&quot;);
so.addVariable(&quot;tcolor&quot;, &quot;0x333333&quot;);
so.addVariable(&quot;mode&quot;, &quot;tags&quot;);
so.addVariable(&quot;distr&quot;, &quot;true&quot;);
so.addVariable(&quot;tspeed&quot;, &quot;100&quot;);
so.addVariable(&quot;tagcloud&quot;, &quot;<tags><b:loop values='data:labels' var='label'><a expr:href='data:label.url' style='12'><data:label.name/></a></b:loop></tags>&quot;);
so.addParam(&quot;allowScriptAccess&quot;, &quot;always&quot;);
so.write(&quot;flashcontent&quot;);
</script>
<b:include name='quickedit'/>
</div>
</b:includable>
</b:widget>



Selanjutnya klik tombol save dan refresh halaman depan anda.

NB: jika anda ingin merubah dimensi panjang dan lebar, besar font dan background, cari tag pada bagian ini kemudian diganti dengan yang anda inginkan.
Untuk menyesuaikan ukuran tersebut dengan desain blog anda silakan di edit pada bagian yang terlihat dibawah ini


var so = new SWFObject(&quot;http://halotemplates.s3.amazonaws.com/wp-cumulus-example/tagcloud.swf&quot;, &quot;tagcloud&quot;, &quot;240&quot;, &quot;300&quot;, &quot;7&quot;, &quot;#ffffff&quot;)



jika ingin merubah background silakan edit pada bagian dibawah ini

so.addVariable("tcolor", "0x333333");



Jika ingin merubah besar huruf yang ditampilkan silakan edit pada bagian seperti dibawah ini

so.addVariable("tagcloud", "<tags><b:loop values='data:labels' var='label'><a expr:href='data:label.url' style='12'><data:label.name/></a></b:loop></tags>");

0 comments: