About

Tips melamar kerja ( PT SHOWA) Part 2

September 18, 2009


Akhirnya masuk ke tahap dua dalam pencarian jodoh...eh pekerjaan :)
setelah sebelumnya aku melalui tahap tes dari BAT ( British American Tobacco) yang katanya perusahaan produsen rokok terbesar ke dua setelah Philip Morris. Di sela pengerjaan tugas akhir aku menyempatkan diri untuk mengadu nasib melamar pekerjaan meskipun hanya bermodal transkrip yang nilainya hanya sampai semester 7. Ketika ada lowongan di SAC ITS aku langsung menyiapkan segalanya yang diperlukan. Oh iya pada artikel sebelumnya aku belum menampilkan apa saja sih yang perlu dipersiapkan dalam melamar pekerjaan

Tips 1: ( Persiapan administrasi )
  1. Yang pertama kali perlu dipersiapkan adalah mental. Kita harus siap dan berani untuk mengajukan lamaran ke perusaan bersangkutan
  2. Untuk persiapan berkas yang jelas pertama. Persiapkan surat lamaran ke perusahaan bersangkutan. Mengenai konten bahasa terserah namun sebaiknya menggunakan bahasa inggris jika kita melamar ke perusahaan swasta. Karena itu akan menjadi nilai lebih dari diri kita sendiri. Untuk contoh lamaran pekerjaan bisa di cari di google. namun jika kita memang merasa sangat lemah dalam bahasa inggris, janganlah terlalu memaksakan diri. Karena hal itu akan menjadi bumerang bagi kita nantinya.
  3. Berkas yang kedua adalah CV ( Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup atau resume. Beda antara CV dan resume adalah CV isinya lebih lengkap dan detail sedangkan resume lebih singkat dan lebih ke Point utama riwayat hidup kita. Mengenai jumlah halaman CV sebaiknya tidak lebih dari 4 jadi 2 atau 3 halaman saja cukup. Cantumkan hal hal penting yang menyangkut riwayat hidup kita salah satunya data diri, riwayat pendidikan, keahlian(komputer dan bahasa asing misalnya), pengalaman organisasi atau pengalaman kerja (jika punya).
  4. Berkas yang ketiga adalah Ijazah yang telah dilegalisir atau Transkrip yang legalisir. Jika memang kita telah lulus kita bisa menggunakan ijazah kita, namun jika kita belum menerima ijazah jangan berkecil hati. Gunakan fotokopi transkrip yang dilegalisir. Namun untuk selanjutnya( dalam interview) kita harus bisa meyakinkan interviewer bahwa kita bisa lulus tepat waktu.
  5. Berkas yang kelima adalah Fotokopi sertifikat keahlian/pelatihan/seminar. Untuk berkas yang ini sebaiknya kita lampirkan fotokopi sertifikat yang benar benar penting dan tidak perlu banyak banyak untuk jumlahnya. sebaiknya 4-5 lembar saja. Karena jika terlalu banyak akan membuat HRD nya malas membaca jadi percuma juga.(aku kata HRD yang aku kenal)
  6. Berkas yang keenam biasanya adalah formulir dari perusahaan bersangkuatan. Jangan lupa untuk mengisi form dengan rapi dan Huruf kapital. isi dengan singkat jujur dan jelas. Untuk form yang menanyakan masalah pengalaman pribadi terkait organisasi dan sejenisnya. sebaiknya kita memberikan contoh langsung yang singkat dan jelas. dan tidak terlalu banyak mengarang karena hal itu kemungkinan besar akan ditanyakan kembali saat interview.

untuk berkas administrasi sejauh ini hanya itu saja yang bisa saya sarankan berdasarkan pengalaman saya.

beranjak ke tes Showa. tes pertama setelah seleksi administrasi adalah seleksi psikotes. untuk persiapaan psikotes adalah :

Tips2 : Persiapan Psikotes
  1. Untuk tes psikotes sebaiknya sehari sebelum psikotes kita banyak istirahat karena psikotes akan menguras banyak energi kita. selain waktunya lama jiga tingkat kesulitannya akan menguras otak kita.
  2. Sebelum berangkat sebaiknya sarapan. Meskipun sedikit sebaiknya kita sarapan agar ketika psikotes kita memiliki energi untuk berpikir. namun jangan terlalu banyak sarapannya karena takut mengantuk. :)
  3. Peralatan yang biasanya dibawa adalah Pensil HB dan 2B( runcingkan kedua ujungnya untuk menghemat waktu), Pulpen, penghapus.
  4. mengenai pakaian yang digunakan sebaiknya standar melamar pekerjaan. yang ideal adalah kemeja polos lengan panjang dan celana kain gelap. Akan lebih menarik jika menggunakan dasi. dapat dibaca di Pakaian dalam melamar kerja
  5. Sebelum psikotes biasanya akan ada presentasi dari perusahaan sekitar 1-2 jam. hal itu akan menguras kesabaran kita juga.
  6. Sebelum tes berdoa dulu. tes yang diberikan biasanya adalah tes psikotes biasa seperti pola angka, Imajinasi bentuk, menggambar orang dan pohon. untuk Tes psikotes dapat dibaca di Tips Psikotes.
  7. setelah psikotes biasanya akan diadakan wawancara baik itu di sore harinya atau keesokan harinya.

untuk tes PT Showa ini aku tes pada keesokan harinya. Tes berikutnya adalah interview dengan psikolog. Pada interview ini akan digali lebih dalam potensi kita. saat itu yang saya perkirakan kenapa saya gagal adalah karena saya memang belum lulus, karena mereka memang membutuhkan tenaga yang siap pakai.
untuk tips ini sekian dulu ah...:)
saran, kritik dan pertanyaan silahkan berkomentar..terimakasih



Rakhmad adi rodiyat
18 September 2009

1 comments:

Comsky S.K. said...

wawancara pke bhsa apa? indonesia boleh?