About

Cara membuat readmore di posting blog

September 19, 2009

Terkadang kita memilih template blogger yang menampilkan seluruh isi posting kita di main page. Hal itu akan membuat main page kita sangat panjang hingga ke bawah. Oleh karena itu penggunaan read more sangat membantu meringkas artikel yang ada di main page blog kita. Memang jika kita menggunakan fitur readmore manual menggunakan kode HTML akan sedikit membuat kita capek apalagi jika blog kita memiliki banyak artikel. tapi aku akan coba share bagaimana menggunakannya.

Masuk ke halaman layout/tata letak blogger, kemudian edit HTML.
Expand widget template Kemudian cari kode ]]></b:skin>
Setelah menemukan kode tersebut lalu letakkan kode dibawah dibawah kode ]]></b:skin>

<style><b:if cond='data:blog.pageType == "item"'> span.fullpost {display:inline;}<b:else/> span.fullpost {display:none;} </b:if></style>

Selanjutnya untuk mengatur agar postingan terpotong cari kode <p><data:post.body/></p> dalam template kamu dan letakkan kode berikut tepat di bawahnya.

<b:if cond='data:blog.pageType != "item"'><a expr:href='data:post.url'> Read More..</a></b:if>


Setelah kita ketik artikel yang akan kita posting. Klik tab Edit HTML pada halaman edit posting.
Kemudian letakkan kode dibawah ke tempat dimana kita akan meletakkan read more

<span class="fullpost">

kemudian letakkan kode dibawah di paling akhir postingan

</span>

Contoh :

Ini adalah awal berita yang ingin saya potong karena terlalu panjang kalo postingan muncul semua, oleh karena itu saya perlu memotong berita sampai disini saja. <span class="fullpost"> Dan ini adalah sisa postingan saya yang akan saya sembunyikan dan hanya muncul pada saat post page atau link read more.. diklik </span>

Contoh Hasil Posting :

Ini adalah awal berita yang ingin saya potong karena terlalu panjang kalo postingan muncul semua, oleh karena itu saya perlu memotong berita sampai disini saja.Read more..

1 comments:

Anonymous said...

waduh,, nyuruh bkin read more. situ blognya gak pake read more..