About

Tips melamar kerja part 3 ( PT Nestle ) / Nestle Manajemen Development Program

September 28, 2009

Untuk kali ini aku akan coba membagi pengalaman ketika menghadapi rekrutmen yang dilakukan Nestle. Ketika itu aku lihat lowongan di SAC ITS dan ternyata ada lowongan dari Nestle yang berupa NMDP (Nestle Management Development Program) mirip dengan Management Trainee. Yang katanya gaji di Nestle untuk program ini lebih dari 5 jt. Program NMDP ini dilakukan selama 2 tahun dimana selama 2 tahun itu kita akan di training dan diberikan project.

Pertama yang dilakukan tentunya mempersiapkan berkas berkas yang harus dipersiapkan untuk melamar kerja. Saat itu ada beberapa tahap tes yang dilakukan.

Pertama adalah Presentasion Session. Dimana pada tahap ini kita diwajibkan untuk presentasi dalam Bahasa Inggris selama 3 menit, kita harus mengambil kertas secara acak dimana kertas tersebut berisi topik yang akan kita presentasikan. Saat itu beberapa topik yang kutahu dari teman teman adalah facebook, syech puji, bencana situ gintung, dampak acara kekerasan di tv terhadap anak, dan beberapa topik yang sesuai dengan berita terkini. Dan kebetulan ketika itu aku tidak perlu presentasi dan yang terjadi adalah hanya interview biasa dengan bahasa inggris dimana yang ditanyakan hanyalah seputar CV yang ku berikan. Kenapa bisa begitu? aku pun tidak tahu, yang jelas saat berhadapan dengan interviewer aku tersenyum dan menjabat tangannya dengan mantap, tidak duduk sebelum dipersilahkan, duduk tegap dan tenang. Setelah kita dinyatakan lolos maka akan masuk tahap In depth interview.

kedua adalah In-Depth Interview. Pada sesi ini interview dilakukan lebih personal. Durasinya sekitar 30-45 menit. Ketika itu yang ditanyakan adalah seputar masa perkuliahan. Kendala kendala yang dialami ketika kuliah, masalah masalah yang dihadapi ketika berorganisasi dan sedikit kemampuan akademis sesuai background kita. Setelah pada tahap ini kita lolos maka akan masuk tahap assesment center dimana pada assessment center ini ada beberapa tahap tes yaitu Aptitude Tes, Panel Interview, Individual Presentation, Focus Group Discussion. Untuk Tahap ini aku tidak mengikuti karena meskipun lolos saat itu aku sudah diterima di Astra Daihatsu Motor..

Cukup Sekian yang bisa saya sharingkan. jika ada yang ditanyakan silahkan koment.

7 comments:

Anonymous said...

Hi. Thanks banget bwt infonya. Mau nanya nih, hmm...itu testnya semua dlm bahasa Inggris ya? Berarti harus fluent banget ya? Kalo sekedar conversational level kira2 bisa ga ya? Thx a lot be4...

Anonymous said...

hi! salam kenal,,mau tanya dong, kalo nestle itu interviewnya in english semua kan ya? terus kalo astra seleksi-nya berapa tahap? tks.

Anonymous said...

Salam kenal Mas. Saya Arisma, math ITS 2006. Kemarin juga ikut Nestle Management Trainee Campus Roadshow di SAC ITS. Dah nyampe tahap indepth interview. Lha kata pihak Nestle, pengumuman hasil indepth interview 2 minggu setelah tes. Tapi sampe skrg, hampir sebulan blm da pengumuman, temen2 ITS yg lain juga gak tau. Kalo boleh tau Mas dulu pengumuman lolos tahap ketiganya gmn? Trims...

Rakhmad Adi Rodiyat said...

di nestle semua pake bahasa inggris,,jadi harus fluent juga, tapi sebenarnya pola berpikir yang lebih diutamakan, yang penting englishnya g parah parah banget, n bisa berkomunikasi,kalu masalah tahap, seingatku banyak banget tahapnya, sekitar 5 tahap, tapi tiap tahap ada sub tahapnya

untuk arisma,,setelah indepth interview,aku juga lupa kapan diundang untuk tes lagi, yang jelas setelah itu semacam presentasi di jakarta, tapi g aku ambil, soalnya bentrok dengan cek dikumen di ADM, jadi ya harus pilih salah satu. ditunggu aja, nanti dihubungi kl g ditelp cek email kamu, seingatku berita presentasi tu di email, lebih kok dari 2 minggu, ditunggu yang sabar aja,,,

Yusuf said...

berapa kali gaji setahun untuk karyawan nestle ?

pest control sekolah said...

waaah makasih bgt nih sharingnya. saya jg lg ikut seleksi mt nestle. kalo pas interview itu brp lama ya kira2 trs biasanya ditanya apa aja?

Gps Tracking said...

Pastikan melengkapi semua persyaratan dan mencantumkan semua informasi yang akurat datas pengalaman kerja, dan prestasi yang telah dicapai dalam pekerjaan sebelumnya.