About

Semangat 10 Nopember Hari Pahlawan

November 10, 2008



Semangat 10 Nopember

Tepat 63 tahun lalu.hari dimana tentara inggris mulai melancarkan serangan besar-besaran dan dahsyat sekali dengan mengerahkan sekitar 30000 sedadu 50 pesawat terbang dan kapal perang dalam jumlah besar. hari dimana banyak darah bercucuran demi memperjuangkan sebuah kata yaitu Kemerdekaan. Hari yang dinobatkan sebagai Hari Pahlawan di kota surabaya tercinta ini. Hari yang menjadi bagian dari kita. kampus perjuangan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

di hari itu, dalam pertempuran yang menewaskan banyak sekali pejuang bangsa tersebut, bung karno pernah menyebutnya sebagai serangan heroik dengan semangat macan. Memang dalam meraih kemerdekaan yang telah para pejuang lakukan tidaklah semudah yang kita bayangkan, perlu perjuangan yang dihiasi darah dan air mata. dalam perjuangan saat itu, tidak hanya para tentara, pemuda, bahkan ibu ibu rumah tangga juga ikut berjuang dan bersedia memberikan apa saja yang dimilikinya bahkan hanya sebatas makanan ataupun minuman. Namun semangat inilah yang membuat masyarakat surabaya bersatu padu untuk mengusir penjajah dari bangsa kita.

kini situasi sudahlah berubah. Tak ada lagi penjajahan secara fisik karena kemerdekaan sudah menjadi suatu hal yang universal bagi negara dimanapun itu. Masalah yang kita hadapi saat ini adalah bagaimana mengisi dan mempertahankan sebuah kemerdekaan. semangat 10 Nopember. kita semua tahu bahwa permasalahan yang negara ini hadapi sekarang adalah penjajahan oleh bangsa kita sendiri, penjajah datang dalam bentuk kedangkalan berpikir. Persoalan besar yang terjadi di negara ini justru diakibatkan oleh warga bangsa ini sendiri, Kemiskinan, Kebohodan, kemelaratan politik, korupsi, serta apa tisme. Hal seperti inilah yang lama kelamaan dapat menjadi penjajah yang paling kejam bagi negara kita Indonesia, penjajah yang lambat laun akan menghancurkan negara ini. TIdak sedikit warga Indonesia yang tidak mengetahui arti peting kemerdekaan. kita semua sibuk memikirkan diri kita sendiri, sibuk mencari investasi bagi masa depan diri sendiri.

Tanyakan pada kita apakah kita telah melakukan sedikit saja hal yang berguna bagi bangsa ini.kita semua terbiasa hidup tanpa mau berjuang karena kita telah mewarisi kemerdekaan dan negara yang kaya raya. Kita semua terbiasa dalam Kehidupan yang aman, tanpa ada kekhawatiran tiap malam saat kita tidur ada yang menyerang rumah kita, tidur dan hidup tanpa ada kekhawatiran ada bom yang tiba tiba mendarat di depan kita, tanpa ada ketakutan peluru bersarang di tubuh kita. Kita semua terlena dengan hal itu. harus kita akui semangat para pemuda saat ini sangatlah kurang dalam mengisi kemerdekaan. Tidak sedikit pemuda yang tidak tahu siapa pahlawannya, tidak sedikit para pemuda masa kini yang tidak tahu lagu lagu perjuangan. Alih alih ingat para pahlawan kita, ada satu hal yang mungkin sepele namun akan sangat bermakna, apakah kita bisa menyebutkan Siapa saja nama para pahlawan yang ada di uang kertas yang tiap hari kita pegang, yang hampir semua orang pikirkan tiap hari?? apakah perjuangan kini tinggal sebuah sejarah yang harus dikubur dalam dalam bersama tetesan darah dan jasad para pahlawan kita. Apakah kini jutaan liter darah yang mengalir keluar dari para pejuang kita hanya kita anggap sebuah tinta merah.

kini tugas kita sebagai pemuda untuk tetap mengisi kemerdekaan, tetap mengenang dan mengerti sejarah kemerdekaan sehingga sejarah perjuangan dari para pahlawan terdahulu akan tetap menjadi sejarah yang indah bagi bangsa ini yang dapat kita ceritakan ke anak cucu kita kelak.

MERDEKA!!!

1 comments:

alfalive said...

Merdeka ataoe Mati? bukan jamannya lagi Bung!!

Sekarang: Merdeka atau Terjajah Lagi...