About

Tes Of English as Foreign Language

November 16, 2008

Surabaya, Minggu 17 Nopember 2008, 22:30

TOEFL atau yang berkepanjangan tes of english as foreign language. Pagi ini setelah bangun pagi aku harus berangkat ke kampus untuk ikut tes toefl. Meskipun cuma ujicoba tapi tes ini cukup menyita pikiran. Mengingat terakhir kali aku ikut tes toefl pas masih mahasiswa baru yaitu sekitar 3 tahun lalu. Memang sih waktu itu aku meraih hasil yang cukup lah sekitar 510 tapi entahalah dengan sekarang, karena bahasa inggris itu masalah kebiasaan, dan aku percaya kalo practice makes perfect, sayangnya aku selama 3 tahun ini jarang bersentuhan dengan bahasa inggris.

Toefl juga menjadi syarat kelulusan di Kampus ITS. dengan nilai toefl minimal 450. Sebenarnya untuk mendapatkan nilai yang baik di TOEFL tidaklah terlalu sulit, kita tinggal mengenali trik trik dalam mempersiapkan tes ini. Karena memang ada suatu pola pola tertentu yang bisa kita kenali pada tiap soal tes toefl. kita tinggal membiasakan diri dan mengenali pola itu untuk menemukan jawabannya. Untuk listening nya kita tinggal membiasakan diri mendengar percakapan bahasa inggris yang biasanya bisa aku dapet langsung dari native speaker di kos. TV maksudnya alias nonton film barat Photobucket atau dengan mendengarkan lagu barat tapi harus dengan mancari liriknya terlebih dulu. Sebenarnya yang paling sering aku denger yang paling dibutuhkan ketika kita di dunia kerja yaitu conversation. tapi tidak menutup kemungkinan juga dibutuhkan TOEFL. Intinya belajar bahasa inggris itu perlu dibiasakan, jangan sampai ada masa masa kita sama sekali tidak menyentuh bahasa inggris, karena kalau itu terjadi siap siaplah bahasa inggrismu akan melayang..hehehe..(pengalaman prbadi)

0 comments: